You are currently viewing Cara Membuat Visa Schengen Jerman Sendiri

Cara Membuat Visa Schengen Jerman Sendiri

Visa Schengen Jerman merupakan salah satu visa yang sulit untuk didapatkan! Itulah gosip yang pernah aku dengar sebelumnya. Namun, apakah benar seperti itu? apakah karena susah jadi tidak dapat dibuat sendiri?

Untuk menjawab pertanyaan di atas mari kita bahas proses pembuatan, dokumen yang diperlukan, tips dan informasi lainnya terlebih dahulu.

Disclaimer artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi aku sendiri pada saat membuat Visa Schengen Jerman. Maka informasi dan tips yang aku berikan disesuaikan dengan pengalaman yang aku alami sendiri.

Mari Kita mulai!

Dokumen, waktu apply visa, dan dimana kita akan membuat permohonan visa merupakan beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat membuat visa schengen Jerman. Berikut penjelasannya:

Dokumen yang harus dipersiapkan

  1. Mengisi dan print out dokumen dari VIDEX
  2. Mengisi dan print out Contact Consent Form
  3. Menyiapkan passport asli yang masih berlaku yaitu minimal 3 bulan sebelum expired.
  4. Pas foto dengan ketentuan dominasi wajah 80% dari ukuran foto. Ukuran fotonya 3,5 X 4,5 cm. Contohnya di sini
  5. Asuransi travelling
  6. Dokumen reservasi tiket pesawat
  7. Bukti booking hotel
  8. Pastikan tujuan perjalanan kamu jelas, bisa dibuktikan dengan surat undangan dari keluarga, pacar atau dari perusahaan.
  9. Menunjukkan bukti pekerjaan saat ini bisa dengan surat tanda bukti bekerja dari kantor, SIUP bagi yang punya perusahaan sendiri, portofolio dan slip gaji bagi yang freelancer dan kartu pelajar bagi yang masih bersekolah.
  10. Rekening koran dan Bank Account Statement 3 bulan terakhir

Untuk lebih lengkapnya kamu dapat mengunduh daftar dokumennya di sini

Beberapa Hal yang harus diperhatikan saat menyiapkan dokumen visa schengen JERMAN

Ketika mengunjungi VFS Global aku sempat bertanya kepada petugas di sana terkait dokumen apa saja yang diperlukan dan jawabannya ternyata selain dokumen di atas ada juga dokumen tambahan lain yang harus dipersiapkan, yaitu:

1. Asuransi harus mengcover penyakit Covid 19

Karena penyebaran virus covid-19 masih belum mereda, maka kamu perlu menyiapkan asuransi kesehatan yang dapat mengcover jenis penyakit yang disebabkan oleh virus ini.

Tujuan dari asuransi ini tentunya akan membantu kamu mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik, mengurangi beban biaya berobat di rumah sakit dan tentunya memberikan rasa aman selama kamu travelling.

2. Fotokopi Visa Schengen kamu

Selain harus memberikan passport asli kamu kepada pihak VFS Global, mereka juga akan meminta foto kopi visa schengen kamu. Ketentuan ini hanya berlaku bagi kamu yang sebelumnya sudah pernah mendapatkan visa tersebut dari negara manapun di dalam schengen area.

Jika kamu belum pernah mendapatkan visa schengen maka kamu cukup memberikan passport aslimu saja. Ingat ya… masa berlaku passportmu paling tidak 3 bulan sebelum expired.

3. Menyiapkan Pas foto lebih dari 2 foto

Meskipun dalam berkas pengajuan visa schengen Jerman kamu hanya perlu melampirkan satu pas foto saja, namun ada baiknya kamu menyiapkan lebih dari 2 pas foto. Mengapa demikian?

Sepengalamanku pada saat apply visa di VFS Global nyatanya mereka meminta 3 pas foto. 1 untuk dilampirkan di dokumen VIDEX, satunya untuk visa dan satunya lagi untuk dilampirkan di dokumen yang lain. Jadi bila perlu pas fotonya disiapkan saja lebih dari yang diminta.

4. Perjalananmu ditanggung oleh orang Lain

Jika perjalananmu ditanggung oleh orang lain misalnya keluarga, pacar atau kenalan di Jerman maka yang ditunjukkan adalah rekening koran mereka. Adapun dokumen lain yang harus dipersiapkan oleh mereka yaitu Verpflichtungserklärung yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat di Jerman.

Saya sendiri juga kurang tahu pasti Verpflichtungserklärung itu seperti apa, tapi kalau bisa diartikan semacam surat jaminan resmi bahwa yang membiayai perjalanan selama di Jerman bertanggungjawab terhadap semua kebutuhan perjalananmu selama di negara tersebut. Surat jaminan ini harus dikeluarkan oleh pemerintah setempat tidak lebih dari 6 bulan saat kamu mengajukan visamu.

Baca juga: Buat Visa Schengen Swiss

Tips Membuat Dokumen Visa Schengen Jerman

1. Membuat Dokumen reservasi tiket pesawat

Sebelumnya aku pernah membuat artikel tentang cara membuat dummy ticket untuk keperluan pengaplikasian visa di salah satu website maskapai internasional. Sayangnya untuk membuat dummy ticket tersebut tidak lagi gratis dan kamu harus membayar fare ticket yang masa berlakunya cuman 3 hari saja.

Ternyata ada platform lain dimana kamu bisa membeli dummy ticket dengan harga yang relatif terjangkau dan masa berlakunya cukup lama yaitu sekitar 2-3 minggu. Platform yang saya gunakan adalah Dummy Ticket . Di Platform ini kamu bisa menggunakan tiketnya untuk keperluan pengaplikasian Visa.

Proses pembuatannya cukup cepat cuman butuh waktu 2 – 3 jam kamu sudah bisa mendapatkan tiketnya. Kamu juga bisa membuat rute yang kamu inginkan untuk tiket pesawatnya nanti. Btw, yang paling aku suka customer service mereka bagus banget dan gercep jadi ngak usah ragu kalau mau beli dummy ticket di sini.

2. Siapkan Bukti reservasi Hotel

Nah .. kalau yang ini menurutku mudah banget dan gratis pula. Ada beberapa platform yang bisa kamu gunakan yaitu booking.com atau Agoda. Jupp! kedua platform ini sering aku gunakan untuk booking akomodasi tanpa melakukan pembayaran terlebih dahulu dan paling penting gratis.

Kamu bisa memilih akomodasi yang jangka waktu pembayarannya bisa dilakukan nanti. Biasanya ada beberapa akomodasi yang memberikan offer yang menarik seperti free cancelation dan pembayarannya dilakukan sehari sebelum atau pada saat check in.

3. Menghubungi Kedutaan Republik Federal Jerman melalui email

Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah mendapatkan informasi yang terpercaya. Untuk mendapatkan informasi tersebut, kamu bisa langsung menanyakannya dari kedutaan Jerman di Jakarta.

Berdasarkan pengalamanku dibandingkan telpon sebaiknya kamu email mereka langsung, karena mereka lebih cepat membalas email daripada mengangkat telepon.

Kamu bisa email mereka jika ada informasi yang kamu rasa kurang dan bagusnya kamu menanyakan informasi tersebut sebelum kamu apply visa. Jangan email kedutaan untuk bertanya tentang sejauh mana proses aplikasi visamu, dipastikan mereka tidak akan membalasnya.

4. Hubungi VFS Global sesuai Jadwal

Menelpon customer service VFS Global Jerman adalah salah satu alternatif lain untuk mendapatkan informasi yang kredibel. Karena VFS Global Jerman adalah perusahaan yang resmi ditunjuk oleh Kedutaan Jerman untuk mengajukan visa schengen. Jadi, dipastikan informasi yang kamu dapatkan tidak jauh berbeda dengan informasi yang diberikan oleh Kedutaan Jerman.

VFS Global Jerman memiliki jadwalnya tersendiri untuk menerima telepon dan email, jadwalnya hanya di tiga hari ini saja yaitu Senin, Rabu dan Jumat pada pukul 08.00 – 12.00 WIB dan 13.00 – 16.00 WIB. Informasi lengkapnya bisa dicek di sini

5. Membuat jadwal Appointment

Berdasarkan informasi terbaru yang aku dapatkan, saat ini VFS Global sudah membuka appointment untuk apply visa di website mereka. Kamu bisa mengecek informasinya di sini dan booking appointmentnya di sini.

Bagi kamu yang memiliki istri atau suami orang Jerman maka kamu tidak perlu membuat appointment, cukup datang saja ke VFS Global untuk mengajukan visanya. informasi lengkapnya ada di sini dan kabar tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh pihak kedutaan Jerman di Jakarta melalui email yang aku terima sebelum apply visa di VFS Global.

6. Waktu Apply Visa Schengen Jerman

Selanjutnnya mari kita bahas waktu terbaik untuk mengajukan visa di Kedutaan Jerman atau di VFS Global Jerman. Jadi, menurut informasi dari petugas VFS Global sebaiknya mengaplikasikan visa schengen paling lambat 21 hari sebelum keberangkatan.

Oleh karena itu, ajukan visamu sebulan sebelum keberangkatan. Kenapa harus dilakukan jauh-jauh hari?

Karena proses pembuatan visa oleh Kedutaan Besar Republik Federal Jerman di Jakarta memakan waktu 15 hari kerja. Namun, jika ada dokumen kamu yang dianggap belum lengkap oleh kedutaan maka waktu prosesnya akan semakin lama.

Jadi, untuk meminimalisir proses yang lama tersebut maka sebaiknya waktu pengajuan visamu dilakukan paling lambat lebih dari 21 hari sebelum keberangkatan.

Ajukan Visa Schengen di VFS Global Jerman

Tau ngak sih? ternyata dari Kedutaan Jerman menyarankan kita untuk apply visa schengen melalui VFS Global. Seperti yang dikutip dari jakarta.diplo.de berikut adalah keuntungan jika kamu mengajukan visa melalui VFS Global Jerman:

  1. Masa tunggu antara pembuatan janji temu dengan pengajuan permohonan visa tidak terlalu lama
  2. Pengajuan visa schengen melalui VFS Global lebih fleksibel
  3. Kamu bisa mengajukan visa schengen melalui pihak ketiga di VFS Global. Kecuali saat mengambil data biometrik, maka kamu harus ke VFS Global secara langsung.
  4. Visa kamu akan dikirimkan via kurir pos langsung ke alamatmu, jadi kamu ngak perlu dua kali datang ke kantor VFS Global Jerman.
  5. Kamu bisa tracking proses visa kamu sudah sampai sejauh mana di website VFS Global Jerman. Selain melalui website, mereka juga akan mengirimkan email dan akan menghubungi kamu secara langsung jika visamu sudah selesai diproses oleh pihak Kedutaan Jerman di Jakarta.
  6. VFS Global Jerman berlokasi di 3 kota yaitu Jakarta, Surabaya dan Bali dan jadwalnya cek di sini. Jadi kamu bisa memilih lokasi mana yang paling dekat dengan tempat tinggalmu saat ini.

Sebagai informasi tambahan untuk biaya pembuatan Visa Schengen Jerman adalah 80 Euro untuk dewasa dan 40 Euro untuk yang berusia di bawah 12 tahun. Biaya ini belum termasuk biaya service dari VFS Global ya….. maka dari itu jangan lupa untuk membawa uang lebih saat kamu mengajukan visa schengen di kantor VFS Global Jerman.

Proses Aplikasi Visa di VFS Global Jerman

Dokumen, proses, biaya, tips, dan lokasi mengajukan visa schengen Jerman sudah dibahas di atas. Next, kita bahas proses pengajuan visa schengen di VFS Global Jerman.

  1. Mengisi VIDEX dan print out VIDEX Kamu
  2. Pastikan semua dokumen sudah tersedia dan diisi sesuai dengan data pribadi kamu.
  3. Buat jadwal appointment di website VFS Global Jerman
  4. Datang sesuai jadwal appointment yang sudah kamu buat dan pastikan datang tepat waktu.
  5. Melakukan sesi wawancara, pembayaran, pengambilan data biometrik kamu di kantor VFS Global Jerman
  6. Tunggu sampai 15 hari kerja sampai kamu mendapatkan visa schengenmu.
  7. Jika prosesnya sudah selesai maka VFS Global akan mengirimkan visa dan passportmu melalui kurir pos secara langsung ke alamatmu.

Itulah beberapa informasi tentang cara membuat visa schengen Jerman. Mulai dari persiapan dokumen, pihak mana yang harus kamu hubungi, dimana kamu harus mengajukan visa dan tips-tips bermanfaat lainnya yang bisa kamu ikuti.

Tidak ada perbedaan proses dan waktu ketika kamu membuatnya sendiri ataupun dengan travel agent. Perbedaanya hanya pada harga. Dimana biayanya akan lebih murah saat kamu membuatnya sendiri dibandingkan melalui travel agent.

Jadi kesimpulannya kamu bisa membuat visa schengenmu sendiri. Jadi, bisa lebih hemat uang dan nambah pengalaman juga.

Jika kamu mengikuti aturan, mengisi formulir dengan benar, dan dokumennya lengkap maka kemungkinan visa kamu diterima sangatlah besar.

Kamu termasuk team yang mana, yang buat sendiri atau melalui travel agent?

Semoga artikel ini bermanfaat dan permohonan visa schengen kamu diterima.

This Post Has 10 Comments

  1. Teddy

    Wuih, baru tahu ngurus VISA itu persyaratannya sangat kompleks ya? Sampai harus ada surat undangan dan akomodasi. Saya pikir hanya perlu siapkan visa lalu berangkat.

    Terima Kasih.

    1. Yovita Hamsale

      Ini benar banget kak, apalagi untuk Visa Schengen emang seribet itu. Tapi kalau kita udh tau prosesnya gimana dan kita buat sendiri, jadi tersa gampang koq.

  2. Allamandawi

    Kelihatannya sih mudah ya, kalau urus sendiri emang bisa dapat pengalaman jd nggk bergantung sama orang lain

    1. Yovita Hamsale

      Benar kak, emang kalau urus sendiri itu kelihatnnya koq ribet banget ya… tapi pengalamannya itu loh seru. Mau visa kita diurus travel agent atau sendiri juga tidak mempengaruhi hasilnya, sejauh ini yang aku mengerti yang paling penting dokumennya lengkap dan dokuemnnya asli pasti bakalan keterima.

  3. Phai Yunita S Wijaya

    Aku juga lebih suka kalau penguruaan dokumen legal itu sendiri, Lebih greget sih. Dan yang penting pengalamannya dapat, hemat pula hihi. Ku book marked deh ini, Buat nanti kalau mau ngurus visa schengen

    1. Yovita Hamsale

      Hemat juga jadi salah satu alasanku buat visa schengen sendiri dan yupp persannya greget dan campur aduk pas busat visa sendiri, tapi begitu visanya keterima, rasanya seneng bangett loh….

  4. Lengkap sekali informasinya. Ngurus sendiri emang kelihatannya ribet ya, tapi kalau keterima itu ada kepuasan tersendiri

    1. Yovita Hamsale

      Makasih kak, bener banget kak kelihatannya ribet banget. Tapi kalau sekali sudah pernah buat visa dan keterima pastinya rasanya senang bangett. Jadi untuk urus visa lagi kedepannya rasanya gampang. Semoga artikelnya membantu.

  5. Makasih banget tipsnya nih kak, meskipun belum tahu kapan ke Jerman, tapi mudah-mudahan sebelum akhir hayat bisa sampai ke sana.

Leave a Reply