You are currently viewing Walking tour di Jerman : Banyak Kejutan!
Walking Tour di Jerman

Walking tour di Jerman : Banyak Kejutan!

Walking tour di Jerman – Apakah kamu suka jalan kaki saat travelling? Kalau ia, yuk jalan – jalan ke Jerman. Negara Jerman salah satu negara yang ramah terhadap pejalan kaki. Makanya tak heran selama di sana, aku melihat banyak sekali wisatawan yang berjalan kaki.

Dari hasil pengamatanku sendiri orang Jerman suka meluangkan waktu mereka untuk sekedar berjalan – jalan keliling kompleks perumahan, taman, bahkan hutan – hutan dengan keluarga, pasangan serta teman – temannya.

Kalau sebelumnya aku bahas bersepeda di Jerman, kali ini aku akan bahas gimana menyenangkannya walking tour di Jerman. Alih – alih sewa mobil untuk keliling destinasi wisata, kamu bisa coba jenis tour ini. Selain lebih sehat, kamu akan menemukan banyak kejutan tak terduga, yang memorable.

Itulah yang aku rasakan selama travelling di Jerman. Ada beberapa cerita unik yang akan aku bagikan di artikel ini untuk kamu.

Memilih Walking Tour

Memilih walking tour selama travelling di Jerman merupakan salah satu keputusan yang baik. Alasanku karena kegiatan ini lebih hemat, dibandingkan aku harus menyewa mobil hanya untuk berkeliling di sebuah tempat wisata.

Kebanyakan tempat wisata di sana letaknya lumayan berdekatan satu sama lain. Dengan walking tour saja kamu sudah bisa mengunjungi banyak tempat dalam satu area yang sama. Contohnya saat aku di Berlin, kamu sudah bisa mengunjungi banyak tempat di Alexanderplatz area. Seperti The Welthzeitur, Berliner Rathaus, The Bardenburg Gate, Museum Island, dan masih banyak lagi.

Di area ini sendiri punya trotoar yang gede banget untuk pejalan kaki loh… bahkan ada beberapa area yang hanya diperbolehkan untuk pejalan kaki dan pesepeda aja. Kendaraan apapun dilarang masuk ke sana.

Selain itu, jalanan di dalam Old Town di beberapa kota di Jerman hanya diperuntukkan untuk pejalan kaki. Hanya beberapa area saja yang boleh kendaraan lewat. Jadi walking tourmu akan semakin menyenangkan dan nyaman.

Fyi… ada juga loh beberapa kota yang menyediakan walking tour. Uniknya lagi ada night tour dimana turis bisa melihat kota – kota di Jerman pada malam hari. Tour leadernya bahkan menggunakan baju khas Jerman sambil nentengin lentera gitu. Keren banget!!

Aku sendiri belum pernah coba, cuman udah beberapa kali aku lihat grup turis yang dipandu sama pemandu lokal. Mereka keliling old town dengan dipandu guide yang menggunakan baju tradisional Jerman.

Mungkin akan kucoba di lain waktu!

Baca juga: Museum Tour di Berlin

Persiapan Walking Tour di Jerman

Sepatu yang nyaman, jaket, tas, uang, paspor, payung dan air minum merupakan perlengkapan yang wajib kubawa ketika walking tour di Jerman. Barang – barang tersebut sangat membantuku saat melakukan walking tour.

Sepatu yang nyaman tentunya supaya kaki ngak cepat lelah. O… salah satu yang selalu aku lakukan sebelum walking tour di Jerman yaitu memastikan kuku kakiku ngak terlalu panjang. Karena aku bisa jalan kaki selama 2 – 4 jam sehari, jadi kuku kaki yang udah bersih dan dipotong akan mencegah cantengan dan rasa sakit berlebih saat jalan kaki.

Jaket tentunya selalu aku butuhkan meskipun saat musim panas sekalipun. Cuaca yang sering berubah – ubah dari hangat kemudian dingin lagi, terus kadang hujan berangin pasti membuat badan cepat kedinginan. Karena cuaca inilah yang buatku selalu membawa payung kecil.

Dompet, uang dan paspor tentunya kubawa ya… Wajib bawa!

Air minum adalah hal penting lainnya yang harus kamu bawa. Di Jerman banyak banget supermarket yang jual air bersoda, which aku ngak suka banget sama rasanya. Terus kalaupun kamu mau beli air mineral biasa juga harganya lumayan sih… hitung – hitung biar bisa hemat walaupun hanya beberapa Euro saja.

Tentunya, kondisi fisikmu juga harus fit. Pastikan bahwa kondisi badanmu benar – benar siap untuk jalan kaki. Karena terkadang ada banyak tempat yang kamu kunjungi dan serta cuaca yang sering berubah – ubah. Nanti kamu bisa masuk angin, kalau sudah begini walking tourmu jadi terganggu bukan?

Sebuah Kejutan

Banyak kejutan yang aku alami ketika melakukan walking tour di Jerman. Kejutan kecil hingga kejutan yang membuatku sempat geleng – geleng kepala tak percaya.

Kejutan – kejutan tersebut aku rangkum yaitu:

Sisi Lain Kehidupan Masyarakat Lokal

Ada banyak yang membahas tentang culture shock di Jerman mulai dari sisi positifnya hingga sisi negatifnya. Nah yang mau aku bahas adalah sisi negatifnya. Alasan aku mau membagikan ini biar kamu bisa lebih hati – hati saat travelling atau melakukan walking tour di Jerman.

Seperti banyak tempat wisata lainnya, ada banyak banget keindahan yang bisa kamu lihat. Namun, terkadang kamu juga akan menemukan beberapa oknum yang memanfaatkan kepolosan para turis. Ada yang akan memintamu untuk tanda tangan, ada yang meminta uang dengan alasan dompet mereka hilang, dan banyak lagi.

Kamu harus menghindari orang – orang jenis ini! Bisa saja mereka pencopet atau penipu.

Nah saat aku walking tour itu kadang aku menemukan wilayah – wilayah yang tertata rapi, bersih dan nyaman. Terkadang aku menemukan banyak sekali tempat yang kotor, jorok, bau pesing, gedung dengan gambar graffiti yang berantakan, serta orang – orang yang aneh.

“Orang Aneh” Selama Walking Tour di Jerman

Orang – orang aneh ini kebanyakan dalam pengaruh minuman alkohol dan mungkin obatan terlarang. Banyak dari mereka bertingkah laku yang menjengkelkan, seperti teriak – teriak di tempat umum, kencing di stasiun kereta, bahkan di hadapan banyak orang…. benar – benar tak tau malu!!

Parahnya lagi kejadian ini bukan di malam hari ya… tapi juga di siang bahkan pagi hari.

Ada juga beberapa area yang aku lewati dimana kotor banget, banyak sampah rokok, kotoran anjing bahkan pecahan kaca di trotoar.

Makanya kalau kamu jalan – jalan di sana selalu hati – hati ya!!

Meskipun aku menemukan kejadian – kejadian tersebut, aku sendiri ngak kapok untuk walking tour di Jerman. Karena masih banyak juga wilayah -wilayah yang bagus dan nyaman untuk dilalui.

O… iya kalau kamu pengen ke taman – taman di sana perhatikan juga area sekitarmu ya… jangan sampai area tersebut merupakan tempat berkumpulnya para pecandu dan penjual obatan terlarang. Pastikan juga tidak ada jarum – jarum suntikan yang bertebaran di sana. Kadang ada juga loh pecandu yang ninggalin jarum – jarumnya di sana… takutnya kalau tertusuk jarum – jarum tersebut bisa nyebarin virus menular.

Tempat yang Jarang dijamah Turis

Walking tour bisa membawamu ke tempat – tempat baru yang jarang turis lain ketahui. Entah itu hutan, taman, flea market, café, restoran dan tempat unik lainnya. Tentunya pengalaman ini akan menambah pengetahuanmu tentang kota yang kamu kunjungi.

Misalkan saat aku mengunjungi salah satu kanal di Berlin yang sepi banget sama turis. Yang melewati kanal tersebut itu kebanyakan orang – orang lokal yang tinggal atau kerja di sekitaran area tersebut. Kanalnya itu luas banget, dari situ kamu bisa melihat sudut pandang lain Rathaus di Berlin.

Adapula perpustakaan kota yang nyaman untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu membaca buku di tengah kota Berlin. Bahkan adapula jalur trekking di hutan menuju ke sebuah kastil di Koenigswinter. Area trekkingnya bagus banget, ngingetin aku sedikit sama series Jerman berjudul Dark hehehe

Kalau untuk cafe dan restoran biasannya aku pasti pergi ke tempat yang jauh dari tempat wisata populer ya… soalnya di area tersebut harga makanan dan minumannya lumayan mahal – mahal. Padahal kamu bisa mendapatkan makanan yang lebih murah jika berjalan keluar sedikit dari area turis.

Salah satu contohnya saat di Muenster kamu bisa makan di Mensa. Tempat makan ini seperti kantin di area kampus gitu, dimana kamu bisa memilih makananmu seperti di warteg. Harganya terjangkau, menunya berbeda – beda dan puas banget kalau makan di sana wkwkwk

Kamu juga bisa cek panduan walking tour di Jerman di sini

Kejutan Walking Tour di Jerman Menjadi Paham

Dari walking tour di Jerman aku menemukan banyak pengalaman serta perspektif – perspektif baru tentang kota – kota yang aku kunjungi. Pada umumnya hampir mirip, cuman yang membedakannya saja adalah jumlah penduduk dan seberapa luas kota atau tempat wisata yang aku kunjungi. Tentunya apakah itu area “aman” atau tidak.

Pesan pentingnya adalah walking tour di Jerman memang seru, tapi kamu juga harus lebih hati – hati sama area yang kamu lewati. Kalau kamu ngak yakin area itu aman, mending ngak usah lewat dan pakai transportasi umum aja. Jangan pernah mau menerima permintaab tanda tangan, atau ditawari sesuatu sama strangers di sana.

Lalu, apakah karena cerita di atas kamu ngak mau walking tour di Jerman?

Jangan sampai ya… karena seperti yang aku katakan tadi, masih banyak area yang benar – benar bagus, nyaman, dan bersih untuk dilewati. Jangan sampai perjalananmu hanya sebatas ke tempat wisata populer aja, tanpa mengeksplor lebih tempat unik lainnya. Selamat travelling!

Leave a Reply